Analisis Hifdz Mal Terhadap Mekanisme E-Payment (Studi Kasus : Pembayaran Transaksi E-Commerce)
Keywords:
Hifdz Mal, E-Payment, E-CommerceAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kehalalan dari promo gratis ongkir, diskon, dan fitur cashback dalam belanja online dengan menggunakan metode pembayaran e-payment. menanamkan sejumlah uang ke dalam aplikasi e-payment patut dipertanyakan pengelolaan uang tersebut di dalamnya, uang tersebut digunakan dan dimanfaatkan kepada pihak apa dan siapa. halal ini merupakan salah satu tujuan untuk mempertahankan harta. metodologi yang digunakan adalah metode studi kasus kepada beberapa pengguna e- payment dan mengumpulkan literatur review dari Bank Indonesia terkait keputusan kehalalan dan transparansi e-payment. Untuk saat ini bank indonesia telah menjamin kehalalan transaksi e-payment dan memang jelas perusahaan-perusahaan e-commerce seperti shoppe dan gojek telah menetapkan batasan-batasan tersendiri dalam penggunaan promo yang merupakan strategi marketing dari perusahaan tersebut untuk meraih konsumen.
Downloads
References
al- Qaradhawi,Yusuf. 1999. Fiqh Maqashid Syari’ah. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Al-Syatibi, Al-Muwafaqat fi Ushul al-Syari’ah. Kairo; Mustafa Muhammad, tth
Al-Syatibi, Konsep Maqashid Syariah Menurut Al Syatibi.
Bank Indonesia. 2009. Surat Edaran Bank Indonesia No 11/11/DASP tentang Uang Elektronik. Jakarta:Bank Indonesia.
Bank Indonesia. 2014. Peraturan Bank Indonesia No. 11 tahun 2014 tentang Uang Elektronik. Jakarta: Bank Indonesia.
Edwin, Naerul. 2017. Journal of Islamic Economics Lariba: “ Konsep Harta dalam Tinjauan Maqashid Syari’ah”. Vol. 3
Fathi al-Daraini. 1975. al-Manahij al usuliyyaah fi ijtihad bi al-Ra’yi fi al-Tasyri. Damasyik; Dar al-Kitab al-Hadits.
Giovanni, Mengenal Uang Elektronik (e-money), Retrieved from https://www.qmfinancial.com/mengenal-uang-elektronik-e-money/. Diakses pada: 6 Juni 2022.
Hasibuan S.P, Malayu. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hidayati, dkk, 2006. Operasional e-Money. Jakarta: Bank Indonesia. Imam al-Bukhari, Kitab Iman (Bab ad-din yusrun).
Ibrahim, Duski. 2019. Al-Qawa’id Al-Maqashidiyah (Kaidah-Kaidah Maqashid). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Jamal, Ridwan. Maqashid Al-Syari’ah dan Relevansinya dalam Konteks Kekinian. Al-Fiqh al-maqashid inda al-Iman al-Shatibi wa Atahruh ala Mahabith Usul al-Islami.
Lutfhi, Muhammad. 2019. “Jurnal: Madani Syari’ah” (Konsumsi dalam Perspektif Ilmu Ekonomi Islam). Vol.2
Ming-Yen Teoh et al. 2013. Factrors Affecting Costumer’s Perception of Electronic.
Muamar, Affif. 2017. Journal of Islamic Economics Lariba: “ Electronic Money dalam Perspektif Maqashid Syari’ah”. Vol. 3
Muhammad. 2007. Manajemen Bank Syari’ah. Yogyakarta:UPP AMP YKPN.
Nasution, dkk. 2007. Pengenalan Ekslusif Ekonomi Islam. Jakarta:Kencana Prenada Media Group. Rahman, Fachtur. 1984. Islam. Bandung: Pustaka.
Said Ramadham Al-Buthi. 2013. Menampar Propaganda “Kembali Kepada Qur’an”terj. Aziz Anwar Fachruddin. Yogyakarta; Pustaka Pesantren.
Suhendi,Hendi. 2014. Fiqh Muamalah. Jakarta: Rajawali Pers.
Syekh Izzuddin bin Abdussalam. 1995. Maqashid al-Qur’an. Jakarta Timur : PT qaf Media.
Wahana, Agung. 2012. Pembangunan E-Commerce (Penjual Online) Pada Turpez Shop. Jakarta : Jurnal.
Wehr, Hans.1980. A Dectionary of Modern Written Arabic, London: Macdonal and Evans LTD.